Cari

Sejak H-7 Hingga H+3 Penumpang KMP Ihan Batak Capai 23. 238 Orang

Posted 11-06-2019 18:17  » Team Tobatabo
Foto Caption: KMP Ihan Batak yang melayani penyeberangan Ajibata-Ambarita

TOBASA - Lonjakan penumpang Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Ihan Batak mengalami peningkatan saat liburan Lebaran tahun 2019 ini.

Hal itu dibenarkan Koordinator Satuan Pelayanan Toba Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Provinsi Sumatera Utara Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Marudut Lumbantobing, Senin (10/6/2019).

loading...

Menurutnya, sejak beroperasinya KMP Ihan Batak di Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), rasa percaya masyarakat untuk melakukan penyeberangan semakin meningkat. Ini terlihat puluhan ribu jiwa melakukan penyeberangan rute Ajibata-Ambarita (Kabupaten Samosir) dan Ambarita- Ajibata.

Menurut Marudut, penumpang sudah melakukan penyeberangan sejak Lebaran H- 7 pada tanggal 29 Mei, dengan 8 trip masing-masing 4 trip Ajibata-Ambarita dan 4 trip Ambarita-Ajibata.

Sejumlah kendaraan yang memanfaatkan KMP Ihan Batak untuk jasa penyeberangan di Danau Toba.

“Untuk trip maksimal dalam penyeberangan saat libur Lebaran sebanyak 12 trip Ajibata-Ambarita dan Ambarita-Ajibata. Dengan komulatif jumlah penumpang sejak H -7 hingga H+3 Lebaran sebanyak 23.238 jiwa, kendaraan roda 2 ada 717 unit dan kendaraan roda 4 atau lebih mencapai 3.321 unit,” sebut Marudut.

Penyeberangan Ferry Ajibata

Foto Sejumlah kendaraan yang memanfaatkan KMP Ihan Batak untuk jasa penyeberangan di Danau Toba.

Salah seorang penumpang asal Kabanjahe, Kabupaten Karo, Yeni Ginting yang ingin melakukan penyeberangan Ajibata-Ambarita, merasa kagum dengan besarnya kapal KMP Ihan Batak dan desainnya setara kapal pesiar.

“Saya tidak menyangka sebelumnya dengan ukuran kapal ini. KMP Ihan Batak merupakan kapal terbesar yang pernah ada di Danau Toba dan terindah,” papar Yeni.

Dirinya pun berharap, semoga pemerintah membangun kapal penyeberangan seperti ini beberapa lagi di Danau Toba untuk kenyamanan wisatawan yang ingin menikmati suasana air danau bentukan kaldera gunung berapi itu. (asri)

Dikutip dari Lintangnews.com
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah