Cari

Resahkan Warga, Ritual Pengusiran Begu Ganjang di Bilah Hilir Dikawal Ketat Polisi

Posted 19-06-2019 13:48  » Team Tobatabo
Foto Caption: Foto: Ratusan Massa Menyaksikan Ritual Pengusiran Begu Ganjang/(Joko W)

LABUHANBATU - Gelar ritual pengusiran roh jahat di Dusun Pelita, Desa Selat Besar, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian dari Polres Labuhanbatu dan Polsek Bilah Hilir serta dibantu Babinsa Koramil 02/09 Bilah Hilir.

Kegiatan itu digelar oleh beberapa kelompok masyarakat setempat. Acara itu digelar disebabkan adanya isu dan rumor beberapa bulan lalu tentang adanya roh jahat atau dikenal dengan istilah begu ganjang.

loading...

“Ada isu selama ini ada warga setempat yang memiliki atau memuja begu ganjang. Cerita ini berkembang dari mulut ke mulut. Ditambah lagi sering terjadi laka lantas di daerah itu. Sehingga menurut warga daerah itu harus dibersihkan dengan cara spritual dengan memanggil dukun yang bisa mengusir makhluk jahat itu,” kata warga kepada wartawan, Selasa ( 18/6) di lokasi ritual tersebut.

Pada ritual itu, sang dukun mengatakan adanya roh jahat yang bergentayangan dan berkumpul di pohon-pohon pisang milik warga setempat berinisial BM.

ritual begu ganjang

Foto: Ratusan Massa Menyaksikan Ritual Pengusiran Begu Ganjang/(Joko W)

Kepala Desa Selat Besar Purwanto, ditemui awak media mengatakan kegiatan ritual seperti itu sudah ketiga kalinya.

“Saya harap masyarakat saya lebih dewasa menyikapi isu – isu seperti itu.Silahkan saja mereka menggelar acara seperti itu tetapi jangan sampai terjadi hal – hal yang tidak diinginkan yang dapat menimbulkan keresahan dan aksi anarkis,” ujar Purwanto.

Kapolsek Bilah Hilir AKP Ery Prasetyo, dikonfirmasi awak media mengatakan menurunkan personilnya di lapangan mencegah hal-hal yang bisa menimbulkan dampak negatif dari kegoatan itu. (Joko W)

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah