Cari

Pariban Itu Apasih? Ini Uraian Singkat Tentang Tradisi Na Marpariban Dalam Adat Suku Batak

Posted 05-11-2020 16:26  » Team Tobatabo
Foto Caption: Ilustrasi Marpariban (IG @kainkawin.bdg)

Mungkin diantara kamu yang bukan suku Batak atau juga kamu-kamu para kaum millenial generasi muda Batak bertanya-tanya "Pariban itu apasih? kok banyak disebut dan populer di suku Batak".

Nah tobatabo.com akan coba merangkum dan menjelaskan secara singkat tentang apa itu pariban atau sering juga disebut marpariban.

Secara gamblang pariban artinya sepupu, dalam kekerabatan Batak pariban merupakan sepupu wanita putri Tulang atau sepupu laki-laki dari Namboru.

Baca juga Benarkah Pariban Adalah Opsi Terakhir Jodoh Pendamping Hidup?

Dalam sistem kekerabatan dalam adat Batak ungkapan pariban atau marpariban lebih sering disebut hubungan antara seorang laki-laki dengan seorang wanita yang dilahirkan oleh Tulang (paman) atau orang yang semarga dengan ibu si pria tersebut.

Kalau dari sudut pandang si wanita, pariban disebut kepada sepupu atau pria yang dilahirkan oleh Namboru atau yang semarga dengan ayah si wanita tersebut.

Baca juga Mau Pacaran/Nikah dengan Pariban? Ingat Hal-hal Penting Ini Dulu!

Contoh kasus:

1. Jika Ibu si Saut boru Siagian, maka putri saudara ibunya merupakan pariban si Saut, begitu juga wanita-wanita diluar keluarga kandung yang merupakan boru Siagian adalah pariban si Saut.

2. Sebaliknya jika si Lopian boru Siagian, maka anak atau putra-putra dari namborunya merupakan paribannya.

Baca juga Viral Kisah Pilu Cartika Gultom, Suami Disebut Dinikahkan Mertuanya Lagi dengan Pariban

Dalam tradisi adat Batak Marpariban atau Pariban memiliki ikatan tersirat bahwa mereka dijodohkan secara adat. Maka jika seseorang menikah dengan seseorang yang diluar ikatan pariban maka akan diadatkan dan diangkat sebagai pariban atau sisada boru saat menikah nantinya oleh pihak Tulang sang pria.

Jika dalam perkenalan antara pria dan wanita ada hubungan pariban biasanya akan terjalin rasa kedekatan sebagai sebuah keluarga.

Baca juga Apa Yang Terjadi Ketika Pariban Tidak Menjadi Pilihan?

Pria "Adek, boru apa?"
Wanita "Boru Siagian bang"
Pria "Bah, mamaku boru Siagian, berarti marparibanlah iya"

Dalam kasus yang lebih luas kita juga marpariban dengan marga-marga dongan tubu pariban kita. Contoh kasus misalnya jika pariban bermarga Siagian, maka kita turut juga berpariban dengan marga-marga Tuan Dibangarna (Mis: Silitonga, Sianipar, Panjaitan, Pardosi)

Baca juga Meski Paribanmu Cantik-cantik, Terima Kasih Kamu Masih Memilihku

Mungkin sedikit saja uraian singkat tentang apa itu pariban, semoga bisa menjawab keingin tahuan para sahabat yang sering bertanya "Pariban itu apasih?". Untuk ulasan yang lebih dalam bisa dibaca diartikel-artikel tobatabo.com yang lain. (Ondo Alfry Simanjuntak)