Cari

Rengginang Lorjuk Sumenep

Posted 02-02-2012 13:44  » Team Tobatabo

Camilan yang terkenal gurih dan enak ini sudah sangat akrab dikalangan masyarakat Madura. Makanan sekaligus Cemilan ini khas madura, terbuat dari beras ketan pilihan dan tambahan ikan kecil pilihan dijamin mempunyai cita rasa yang tinggi, gurih nya ketan, enaknya campuran ikan kecil akan melekat di lidah anda.Anda akan merasakan kerenyahan dan gurihnya di setiap gigitan Tambahan bahan dasar ikan kecil atau lorjuk membuat rasa dan aromanya sangat khas.

Sebenarnya apakah lorjuk itu? Lorjuk adalah sejenis binatang laut yang masih termasuk keluarga kerang-kerangan. Harga : Rp. 35.000 ( + ongkos Kirim ) Setelah diolah, lorjuk dapat menjadi bahan untuk membuat petis dan rengginang khas masyarakat Madura.

Namun camilan khas satu ini juga tidak memiliki penggemar yang sedikit. Hampir seluruh masyarakat Jawa Timur menyukai penganan ringan ini. Camilan yang terkenal gurih dan enak ini sudah sangat akrab dikalangan masyarakat Madura.

Makanan sekaligus Cemilan ini khas madura, terbuat dari beras ketan pilihan dan tambahan ikan kecil pilihan dijamin mempunyai cita rasa yang tinggi, gurih nya ketan, enaknya campuran ikan kecil akan melekat di lidah anda.Anda akan merasakan kerenyahan dan gurihnya di setiap gigitan.

Tambahan bahan dasar ikan kecil atau lorjuk membuat rasa dan aromanya sangat khas. Sebenarnya apakah lorjuk itu? Lorjuk adalah sejenis binatang laut yang masih termasuk keluarga kerang-kerangan. Setelah diolah, lorjuk dapat menjadi bahan untuk membuat petis dan rengginang khas masyarakat Madura.

Namun camilan khas satu ini juga tidak memiliki penggemar yang sedikit. Hampir seluruh masyarakat Jawa Timur menyukai penganan ringan ini.

MADU MADURA

Sebuah studi menemukan fakta bahwa madu berguna melawan efek penuaan, termasuk penurunan daya ingat dan kecemasan. Penelitian yang diungkapkan oleh Lynne Chepulis dan Nicola Starkey dari Univesitas Waikato, di Hamilton, Selandia Baru, menemukan fakta bahwa pada tikus yang makanannya mengandung madu memiliki memori spasial lebih baik dan kurang cemas.

Kedua peneliti itu memberikan makanan mengandung 10% madu, 8% sukrosa, atau tidak mengandung gula selama 12 bulan. Tikus-tikus tersebut baru berusia dua bulan pada awal studi, dan diperiksa setiap tiga bulan dengan menggunakan tes yang dirancang untuk mengukur kecemasan dan memori spasial.

Hasilnya menunjukkan bahwa tikus yang diberi makan madu menghabiskan waktu sebanyak hampir dua kali di bagian terbuka dari maze. Menurut peneliti, hal ini menunjukkan bahwa mereka kurang cemas. Mereka juga lebih suka menghabiskan waktu di bagian baru maze berbentuk Y yang menunjukkan mereka mengetahui dari mana mereka sebelumnya, dan memiliki memori spasial yang lebih baik.

“Makanan yang diberi madu dapat bermanfaat dalam menurunkan kecemasan dan memperbaiki daya ingat selama penuaan,” kata Starkey. Para peneliti mengemukaan bahwa madu dapat meningkatkan daya ingat disebabkan aksi antioksidan yang dapat membantu mencegah proses perusakan sel oleh radikal bebas di dalam tubuh.

Harga : Rp.155.000( + ongkos Kirim ) Selamat Menikmati Citra Khas Madura Jamu Madura Asli Jika mendengar “Ramuan madura”, bayangan orang adalah obat kuat, ramuan yang membuat tahan lama dalam berhubungan seks (Perkasa lelaki,Sari Rapet & Empot-empotan) Obat tradisonal atau jamu sangat di kenal masyarakat indonesia.

Jamu merupakan bagian dari budaya bangsa yang diwariskan oleh leluhur. Di berbagai suku bangsa yang tersebar di pulau-pulau Indonesia, umumnya dikenal ramuan jamu yang memiliki kekhasan lokal karena metode pembuatan, bahan yang digunakan atau cara-cara pembuatan yang dikaitkan dengan tradisional setempat.

Demikian juga dengan jamu yang di kenal di Pulau Madura. Masyarakat di wilayah Jawa dan Madura selama ini mengenal ramuan madura mempunyai khasiat untuk kesehatan, baik untuk perawatan maupun pengobatan. Ramuan madura cukup di kenal masyarakat dan banyak manfaatnya, khususnya oleh kaum perempuan.

Ramuan madura umumnya di peroleh dari keluarga, teman, atau kerabat yang masih berdarah madura. Ramuan madura tidak hanya di kenal wilayah lokal (Jawa Timur) tetapi juga menyebar ke berbagai kota dan pulau di Indonesia, bahkan sampai mancanegara. Secara umum, minum jamu telah menjadi kebiasaan keluarga dan masyarakat madura, khususnya yang masih berdarah biru (keturunan atau kerabat raja). Minum jamu merupakan kebiasaan kaum ibu.

Begitu melekatnya kebiasaan minum jamu, hingga ada prinsip “lebih baik tidak makan daripada tidak minum jamu”. Kebiasaan minum jamu sudah dikenalkan kepada seorang anak sejak dini. Kebiasaan minum jamu ini lebih ditekankan kepada kaum perempuan daripada kaum laki-laki.

Jamu lebih banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Madura sebagai sarana pemeliharaan kesehatan,meskipun beberapa jenis jamu juga dikenal sebagai obat untuk mengobati penyakit. Ramuan madura mempunyai kekhasan tersendiri antara lain rasanya pahit segar, bau harum yang beraroma khas rempah-rempah. Kekhasan itulah yang menyebabkan ramuan madura lebih manjur daripada jawa yang lainnya.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah