Cari

Mengupas Pusaka Piso Tumbuk Lada Karo

Posted 19-09-2013 00:43  » Team Tobatabo

Tiba-tiba saya tertarik mengupas mengenai senjata daerah yang satu ini, pisau, belati atau dagger Tumbuk Lada Karo yang cukup eksotis ini mampu memberi satu pertanyaan yang cukup mengelitik di hati saya, sebab selain dalam suku Karo, tumbuk lada juga terkenal di suku melayu dan sebagian suku melayu.

Jadi saya menyimpulkan bahwa pisau tumbuk lada merupakan suatu karya hasil akulturasi dari suku karo, aceh dan melayu. Karena jika dipantau secara geografis bawah letak posisi dimana ketiga suku ini bermukin sangatlah berdekatan.

loading...

Piso tumbuk lada ternyata dibuat berdasarkan kepada keperluan tertentu yg bersifat mistis.  misalnya untuk keperluan pengobatan, maka diadakan upacara Ngelegi Besi Mersik kepada Kalibumbu.  ada juga yg menggunakan Piso ini sebagai hiasan atau senjata

bahan-bahan : 
- bahan besi dari 5 kerajaan (negeri) 
- tanduk kerbau atau gading gajah 
- kayu lemak sawa 
- kayu petarum 
- riman (emas atau perak atau swasa) 

ukirannya: 
- ukiran pucuk merbung 
- cekili kambing 
- pakaupakau 
- pantil manggus 
- desa siwaluh 
- lukisan tonggal 

Cara menentukan apakah Piso Tumbuk Lada itu cocok baginya atau tidak ialah: 
- dengan mengukur menggunakan teknik ibujari kanan dan kiri 
- dengan menantikan petunjuk lewat impian

bahan utama pisau ini adalah pada gagang terbuat dari tanduk kerbau, pisau terbuat dari kuningan atau besi, sedangkan sarung pisau terbuat dari pangkal bambu atau tanduk kerbau, Pada pangkal sarung Tumbuk Lada terdapat bonjolan bundar yang selalunya dihias dengan ukiran yang dipahat biasanya bentuknya mirip kepala ayam. Sarung senjata ini sering dilapis dengan kepingan perak atau kuningan.

desain ornamen piso karo

Tumbuk Lada digunakan secara menikam, mengiris dan menusuk dalam pertempuran jarak dekat. Ia boleh dipegang dengan dua jenis genggaman yaitu dengan mata keatas ataupun mata ke bawah tetapi sekarang pada umumnya jadi perhiasan atau pusaka yg dipakai di acara adat, atau untuk keperluan pengobatan, maka diadakan upacara Ngelegi Besi Mersik kepada Kalibumbu.

Sejauh pengetahuan saya senjata ini bisa juga diisi jimat atau bisa juga diisi racun.

Adapun Cara menentukan apakah Piso Tumbuk Lada itu cocok baginya atau tidak ialah:

  • dengan mengukur menggunakan teknik ibu jari kanan dan kiri
  • dengan menantikan petunjuk lewat mimpi

Tetapi pada saat ini pembuatan senjata ini sudah banyak yang bukan buatan tangan ( hand made ) tetapi sudah menggunakan mesin, sehingga nilai pamor nya berkurang, banyak dijumpai di Pasar, meskipun asli buatan tangan masih banyak ditemukan di perkampungan yang memiliki pandai besi tradisional.

Sekedar informasi, jenis pisau ini juga banyak ditemukan di beberapa tempat di Aceh, Sumatera ( Melayu ) sampai ke Malaysia dengan varian berbeda.

loading...

Masih banyak pisau atau golok khas dari Tanah Karo, tetapi saya akan ulas dikemudian hari

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah