Jelang Lebaran Pengemis Musiman Menjamur di Tebingtinggi

Posted 25-07-2014 11:12  » Team Tobatabo

Tebingtinggi - Jelang lebaran 1435 H jumlah pengemis  bertambah di Kota Tebingtinggi. Selain di jalan protokol pengemis juga marak di tempat-tempat perbelanjaan dan arena publik lainnya. Hal ini sudah merupakan tradisi tahunan bagi masyarakat yang notabene datang dari luar kota dengan anggapan mengemis di bulan suci yang penuh amal dan rejeki lebih menjanjikan.

Pantauan SIB, Kamis (24/7). selain di jalan protokol pengemis juga banyak dijumpai di tempat-tempat perbelanjaan dan tempat publik lainnya. “Bahkan jika kita singgah sebentar di salah satu tempat perbelanjaan pengemis yang datang menghampiri kita dengan wajah yang berbeda bahkan ada dua dan tiga kelompok.”

Salah satu pedagang pakaian di salah satu tokoh di Pajak Bunga Tebingtinggi, Anto, mengaku risih dengan kehadiran pengemis yang jumlahnya semakin banyak jelang Lebaran. Dalam waktu satu hari lebih dari 10 pengemis mampir ke tempatnya untuk meminta.

“Risihnya kalau sedang berdagang, pengemis sangat mengganggu kenyamanan pengunjung,” kata Anto sembari mengatakan kehadiran pengemis kerap membuat pedagang dan pengunjung tidak nyaman.

Hal senada juga disampaikan Binsar (47). Dijelaskannya, sesuai pengalamannya pengemis musiman di Tebingtinggi jumlahnya selalu meningkat di saat-saat hari besar keagamaan. Adapun modus yang mereka lakukan antara lain pura-pura cacat, buta dan menggendong anak kecil agar dikasihani. 

Biasanya mereka mendatangi tempat-tempat perbelanjaan, bahkan ada yang datang ke rumah-rumah.

“Kota Tebingtinggi ini adalah kota kecil yang pusat kotanya hanya beberapa, jadi wajah-wajah warga Tebingtinggi  yang sering mengemis kita kenal, ini yang datang kali  ini mukanya gak kenal dan jarang kelihatan. Untuk itu, kita minta Satpol PP agar menertibkan para pengemis yang bukan warga kita, sebab jika dibiarkan hal tersebut akan meresahkan warga Tebingtinggi juga,” jelas Binsar. 

Sumber HarianSIB

MUNGKIN INGIN ANDA BACA LAGI