Cari

Lupakan Jokowi Warga Tobasa Ramaikan Medsos Dengan Balon Pilkada

Posted 01-08-2014 02:03  » Team Tobatabo

Euforia kemenangan kubu capres terpilih Joko Widodo ternyata tidak memakan waktu yang cukup lama di kalangan masyarakat kabupaten Toba Samosir. Seiring dengan semakin dekatnya waktu pelaksanaan Pilkada Kabupaten Toba Samosir periode 2015-2020, group-group diskusi di Media Sosial mulai ramai dengan topik bahasan Bakal Calon (Balon) Bupati Tobasa. Tidak mau kalah dengan daftar balon usulan formasi kabinet Jokowi, warga Tobasa mulai sibuk dengan memberikan ide-ide dan pandangan terhadap bakal calon-calon yang dianggap kredibel dan mampu memajukan Kabupaten Tobasa untuk 5 tahun kedepan.

Adapun daftar beberapa Balon yang sedang hangat didiskusikan adalah:

loading...

1. Drs. Sahala Tampubolon (Mantan Bupati 1999-2005, DPRD Tobasa Terpilih)

2. St. Drs. Monang Sitorus SH.MBA (Mantan Bupati 2005-2010)

3. Kasmin Pandapotan Simanjuntak (Bupati Incumbent)

4. Liberty Pasaribu SH. MSi (Wakil Bupati Incumbent)

5. Ir. Jainur Manurung MM (Kepala Perikanan Pelabuhan Belawan)

6. Ir. Darwin Siagian MM (Mantan Kadis PU Papua)

7. Asmasi Lubis SH MKn (Ketua Gerindra, DPRD Tobasa Terpilih)

8. Muller Tampubolon SE.MM (Swasta)

9. Drs. Jamel Panjaitan MM (Kadis Pendidikan Taput)

10. Dumoli Siahaan SH (Pengacara)

11. Ferdinan Hutahaean (Pengurus DPD PDIP Pusat)

loading...

12. Sahat Panjaitan (Ketua DPRD Tobasa)

13. Rikson Tampubolon SE (Anggota DPRD di Sumsel)

14. Ir. Hulma Sitorus (Jakarta)

15. Drs. Libery Manurung MM (Manta Sekda)

16. Syamsudin Manurung (Anggota DPRD Tobasa)

17. Turman Hutapea SH (Kemenhukam)

18. Simon Hutahean (Pengusaha)

19. Drs. Victor Siahaan SH, MHum (Swasta)

20. Robby Pardede (Swasta)

21. Humala Simangunsong (Jakarta)

Beberapa dari daftar balon yang sibuk diperbincangkan merupakan mantan bupati Tobasa periode sebelumnya. Tidak lupa pula para pengguna setia forum diskusi dunia maya ini menetapkan incumbent (Kasmin Simanjuntak) sebagai salah satu balon yang cukup di perhitungkan. Meskipun balon incumbent sedang didera isu korupsi di lingkungan pemerintahan kabupaten Tobasa, dengan memperhitungkan partai politik (partai demokrat)  yang mengusung sebagai tulang punggung kekuatan kantong suara, balon incumbent tetap mejadi salah satu peta kekuatan pilkada Tobasa pada 2015.

Tidak lupa pula kerap muncul nama-nama baru sebagai pengisi balon bupati yang di anggap kredibel dan memiliki rekam jejak meyakinkan yang dianggap mampu membawa perubahan signifikan di Kabupaten Toba Samosir. Sepertinya Jokowi effect masih tersisa di benak para warga Tobasa di grup diskusi dunia maya ini. Tak luput begitu banyaknya saran dan masukan yang kiranya balon-balon yang bakal maju di pilkada memiliki kinerja seperti Jokowi ataupun Ahok yang menjabat sebagai wakil gubernur DKI jakarta sekarang. Seperti yang tersirat dalam kutipan diskusi atas nama Parluhutan Marpaung,

"Menurut ahu kriteria calon bupati na layak :

1. Cabup na mambahen program tiap kecamatan di Tobasa adong produk unggulan.

2. Cabup na adong program penempatan diganup-ganup kecamatan disediahon PPL Pertanian manang petugas penyuluh pariwisata bolo, manang petugas penyuluh industri kerajinan/kreatif sesuai produk unggulan kecamatan tsb.

3. Cabup na adong program pajongjonghon koperasi diganup-ganup kecamatan nagabe wadah :

- menyediahon kebutuhan para petani/manang pelaku industri parawisata, manang industri kerajinan/kreatif.

- menampung hasil panen petani manang hasil produksi pelaku industri kerajinan/kreatif.

- memasarhon hasil panen para petani manang pelaku industri kerajinan/kreatif dohot industri pariwisata unggulan ganup-ganup kecamatan.

4. Cabup na adong program pembinaan berkelanjutan jala berkesinambungan tu sude koperasi na adong disude kecamatan sian terkait mai tu peningkatan kualitas teknis dohot manejerial ganup-ganup koperasi.

5. Cabup na jelas track recordna jala dang adong masalah integritas. On boima diseleksi sian angka pengusaha kecil na sukses naung attar leleng mardalan usahana jala pajongjongkon usahana dang hea mangido fasilitas sian pemerintah jala danghea mangulahon karejo sian proyek-proyek pemerintah. "

Buat anda yang mungkin juga ingin ikut meramaikan topik diskusi dengan saran dan ide yang menurut anda bisa diperhitungkan silahkan di tambahkan di kolom komentar dibawah.

Penulis Ondo Alfry Simanjuntak

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah