Cari

Wisata Alam Simolap Marike

Posted 18-11-2014 08:32  » Team Tobatabo

 Menemukan lokasi wisata alam yang lengkap di dalam satu kawasan di Sumatra Utara cukup sulit. Salah satu tempat berlibur yang menjadi favorit para penjelajah alam di Sumatra Utara adalah Wisata Alam Simolap Marike.

Wisata Alam Simolap Marike adalah nama yang ditetapkan untuk memperjelas sebutan pada batas kawasan pengembangan Desa Model Konservasi yang dikembangkan oleh Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser.

Kawasan wisata alam Simolap terletak di Dusun I Kinangkong, Kelurahan Kuta Gajah, Kecamatan Kutambaru, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. 

Di tempat ini, para pencinta alam dapat menemukan setidaknya keindahan alam yang diciptakan Tuhan dengan sempurna. Keindahan pertama adalah pemandian air panas yang terpancar secara alami telah menyambut wisatawan.

Pemandian air panas tersebut belum tersentuh oleh penataan dari dinas pariwisata setempat sehingga terkesan sangat tradisional. Air panas yang keluar dari dalam tanah dialirkan oleh masyarakat setempat membentuk pancuran-pancuran ke dalam sungai yang jernih.

Wisatawan bisa mandi bersama masyarakat setempat di alam terbuka. Tenang saja, tempat ganti baju dan bilas sudah disediakan oleh masyarakat di sekitar pemandian air panas dengan tarif Rp3.000 per orang.

Seusai menikmati relaksasi dengan air panas mengandung belerang, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menyusuri hutan hujan tropis dan sungai alam. Di dalam perjalanan, wisatawan akan disuguhi indahnya ribuan kupu-kupu yang berterbangan di sekitar sungai dan telaga.

Menempuh jarak sekitar 2 km dengan berjalan kaki, pemandangan menakjubkan selanjutnya adalah sejumlah goa alam yang terbentuk akibat aliran sungai. Stalagtit dan stalagmit yang masih alami menghiasi goa-goa yang jumlahnya cukup banyak.

Menyusuri aliran sungai yang jernih dan dangkal ketika musim kemarau harus melewati goa-goa yang sangat besar. Di dalam goa ini juga masih banyak kelelawar yang menjadi penghuni tetap di sana. 

Setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam menyusuri sungai, hutan dan goa, wisatawan akan disuguhkan dengan air terjun yang sangat mempesona. Lokasi air terjun dekat dengan pintu masuk ke kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 7 meter hingga 15 meter yang jatuh dan mengalir ke dalam gua. Wisatawan juga bisa berenang di bawah air terjun yang airnya sangat jernih dan segar.

Untuk mencapai Kawasan Wisata Alam Simolap Marike dapat ditempuh dari Medan dengan angkutan umum regular di terminal Pinang Baris atau kendaraan pribadi menuju Marike. Berjarak sekitar 47 km dari kota Binjai dan 75 km dari kota Medan. 

Wisata Alam Simolap Marike ini sebenarnya merupakan sisi lain dari lokasi wisata Bukit Lawang. Hanya saja, akses dan fasilitas di Bukit Lawang lebih baik dibandingkan dengan tempat ini.

Perjalanan menghabiskan waktu sekitar tiga jam dengan cara perjalanan santai dari kota Medan menuju lokasi wisata Bukit Lawang. Dari Binjai, perjalanan dilanjutkan degan melintasi kebun sawit dan hutan yang baru dibuka untuk perluasan kebun.

Kondisi jalan tanah keras yang dapat dilalui kendaraan roda empat dan turun di Dusun I Kinangkong. Dari sini masih harus dilanjutkan dengan berjalan kaki melintasi jalan setapak sejauh 2,5 km. 

Perjalanan akan mudah dilalui dengan mengendarai sepeda motor. Desa Kuta Gajah sebagai desa pengembangan wisata alam Simolap terletak di Daerah Aliran Sungai (DAS) Wampu. Wilayah pengembangan utama terletak di dusun Kinangkong, diantara sungai Wampu dan Murak.

Perlu di ingat, warung yang menjual makanan dan minuman hanya ada di pemandian air panas. Sedangkan di kawasan wisata air terjun benar-benar tidak ada masyarakat yang tinggal serta alam yang masih 'perawan'.

Sepeda motor atau mobil dapat di parkir di lokasi pemandian air panas tanpa ada tarif parkir. Di kawasan wisata ini tidak ada tiket retribusi untuk menikmati keindahan alam. Masyarakat setempat hanya memperoleh pendapatan dari warung-warung makan dan minum.

Disarankan jika ke Wisata Alam Simolap Marike harus mempersiapkan perbekalan dan stamina. Namun, kelelahan di perjalanan akan terbayar ketika melihat keindahan alam yang benar-benar alami di kawasan wisata ini.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah