Cari

Tim Pemantau dan Evaluasi Pelestarian Budaya Sumut Dikukuhkan

Posted 22-01-2015 12:56  » Team Tobatabo

MEDAN - Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, mengukuhkan Tim Pemantau dan Evaluasi Pelestarian Budaya Daerah Provinsi Sumatera Utara masa bakti 2014-2019 di Kantor Gubernur, Rabu (21/1/2014).

Gubernur dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih yang sedalam dalamnya kepada pemangku adat kesultanan dan para raja karena ditengah kesubukannya masih mau memikirkan Provinsi Sumut.

"Saya yakin para orang tua kami ini disibukkan dengan berbagai kegiatan dengan keberadaan sebagai pemangku kesultanan tetapi alhamdulilah para orang tua kami mampu menyisihkan waktu dan bersedia menjadi tim ahli pada tim pemantau dan evaluasi kegiatan pelestarian dan pengembangan budaya untuk berfikir bagaimana budaya sumut kedepan menjadi sebuah daya dorong kebangkitan Sumut," ujarnya.

Menurut Gubernur, revolusi mental yang digelorakan Presiden Joko Widodo ada dua kelompok penting yang mempunyai peran penting.

"Alhamdulillah Sumut yang mempunyai keberagaman etnis, agama, dan budaya tidak pernah ada konflik yang dipicu baik faktor budaya maupu faktir agama," ujarnya.

Justru keberagaman itu, lanjut Gubernur, menjadi modal sosial bagi kita untuk bagaimana kita kedepan menjadi sebuah provinsi yang berdaya saing, maju dan sejahtera.

Ketua pelaksana kegiatan, Eddy Sofyan yang juga sebagai kepala Badan Kesbanglinmas menjelaskan, keberadaan Tim Pemantau dan Evaluasi Pelestarian Budaya adalah untuk menginventarisasi aktifitas seni dan budaya dan peninggalan sejarah baik berupa istana, bangunan, cagar budaya dan duplikat fisik bangunan yang merupakan Khazanah kekayaan Sumut. Selain itu juga menyusun program tentang penelitian adat, seni dan budaya sejarah, antropologi, dan arkeologi atau kepurbakalaan.

"Juga mengusulkan kepada Pemprov Sumut hak cipta dan hak kekayaan intelektual berbagai peninggalan dan kekayaan seni budaya daerah serta mewujudkan sumut bangkit, menjunjung tinggi kemulian adat, budaya dan peradaban guna menunjang visi misi Pemprov," ujarnya.

 

Sumber

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah