Cari

Pemkab Simalungun Siap Bersihkan Enceng Gondok Danau Toba

Posted 27-02-2015 15:59  » Team Tobatabo

RAYA - Bupati Simalungun JR Saragih mengatakan pihaknya siap mendukung Danau Toba menjadi kawasan geopark (taman bumi).

"Sebagai langkah awal, Pemkab Simalungun merencanakan akan mengadakan gotong royong dan pembersihan enceng gondok di Danau Toba," kata JR Saragih, saat menyambut kedatangan RE Foundation, di Rumah Dinas Bupati Simalungun, Pematangraya, Selasa (24/2/2015).

Sebagai bentuk dukungan dari Pemkab Simalungun terhadap kegiatan RE Foundation, Pemkab Simalungun juga siap memfasilitasi panitia jika ingin mengadakan pertemuan di Parapat membicarakan tentang kaldera Toba.

Pembina RE Foundation, Robert E Nainggolan menjelaskan tentang program kerja yang telah dilakukan oleh pihaknya, seperti baru-baru ini di Tapanuli dan Humbahas, mensosialisasikan Geopark Kaldera Toba. Ia mengharapkan partisipasi Pemkab Simalungun.

"Kami tahu bahwa bupati sangat concern terhadap geopark ini. Jika Danau Toba terwujud menjadi taman bumi dunia, kita yakin sektor pariwisata khususnya Parapat akan maju," ujar Robert.

Menurut Robert, Pemkab Simalungun dapat membuat sosialisasi dalam bentuk penampilan budaya secara spesifik, dengan mengadakan kegiatan kebudayaan di Parapat, Haranggaol Horisan, dan mengadakan bakti sosial dengan masyarakat.

"Dengan demikian tergelora dulu selama 1 tahun ini gerakan kaldera Toba itu," katanya.

JR pun mendukung upaya yang dilaksanakan tim RE Foundation untuk meloloskan Danau Toba menjadi taman bumi dunia.

"Sinergi para kepala daerah di kawasan Danau Toba juga sangat diharapkan untuk mempromosikan Danau Toba," katanya.

Sumber Tribun Medan

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah