Cari

Resep Pecal Selera Orang Batak, Pocal Harus Pedas Melintir

Posted 22-08-2012 15:11  » Team Tobatabo
Foto Caption: Pocal Bumbu Andaliman

Orang Batak kalau makan pocal (pecel, pecal) kalau gak pedas gak enak. Pocal (pecel, pecal) adalah makanan kuliner warisan Budaya Indonesia yang berbahan dasar sayur-sayuran dan menggunakan bumbu kacang.

Pocal (pecel, pecal) biasanya terbuat dari rebusan sayuran berupa bayam, tauge, kacang panjang, daun ubi, mentimun atau sayuran lainnya yang dihidangkan dengan disiram sambal pocal (pecel, pecal). Masakan ini hampir mirip dengan gado-gado, walau ada perbedaan dalam bahan-bahan yang digunakan.

loading...

Rasa pocal (pecel, pecal) yang pedas menyengat menjadi ciri khas dari masakan ini. Selain itu pocal (pecel, pecal) juga biasanya disajikan dengan nasi putih yang hangat ditambah daging apalagi pakai karupuk.

Bumbu:

  • 300 gm kacang tanah
  • 10 bawang merah
  • 10 bawang putih
  • 6 kencur
  • 30 gm asam jawa,
  • 1 1/2 inci persegi belacan (bisa tanpa belacan)
  • 100 gm cabai rawit
  • 150 gm gula
  • 1 sendok makan garam, secukup rasa pilihan masing-masing, minyak masak untuk menggoreng.

Cara membuat:

Terlebih dahulu goreng kacang tanah sehingga betul-betul masak kemudian ditumbuk sehingga benar-benar halus. Goreng pula asam jawa bersama belacan sehingga belacan masak. Kemudian, saok (goreng minyak sedikit) cabai rawit, kencur, bawang putih dan bawang merah sehingga layu.

Semua bumbu selain kacang tanah yang sudah di goreng ditumbuk bersama-sama campur sedikit gula dan garam hingga halus merata. Jangan lupa! Buang terlebih dahulu biji asam jawa.

Campur kesemua bahan ini bersama kacang tanah yang telah dihaluskan tadi sehingga keluar aroma harum dan minyak. Untuk menyiapkan bumbunya ambil sebagian adonan tadi (seckupnya tergantung selera anda) kemudian campur dengan air panas hingga kental. (Air bergantung kepada kepekatan/ kekentalan yang diinginkan.

Tapi, kalau cair, rasanya kurang dan begitulah sebaliknya) Akhirnya bumbu pocal (pecal, pecel) bisa disimpan ke dalam kotak kedap udara (stoples) dan simpan di tempat sejuk dan kering (lemari pendingin). Bisa digunakan bila kembali pada waktu-waktu tertentu.

TIPS:

Sambal pocal (pecel, pecal) ini bisa digunakan kepada makanan gorengan seperti bakwan dan lain-lain. Berikut kita sedikit membahas tentang manfaat kesehatan mengkonsumsi sayur. Mengkonsumsi sayur secara teratur dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Sayuran adalah bahan pangan yang alami dan kaya akan vitamin, mineral dan zat fitokimia yang bermanfaat.

Menurut USDA (United States Department Of Agriculture) sayuran memberikan manfaat buat tubuh antara lain yaitu:

  • Mengurangi resiko stroke dan penyakit kardiovaskular.
  • Mengurangi resiko diabetes tipe II.
  • Melindungi dari kanker-kanker tertentu seperti kanker mulut, kanker usus, dan kanker usus besar (colon-rectum cancer).
  • Mengurangi resiko penyakit jantung koroner (dikaitkan dengan kandungan serat pangannya).
  • Kandungan kalium dalam sayuran mengurangi resiko timbulnya batu ginjal dan mencegah kerapuhan tulang, dan.
  • Sayuran adalah bahan pangan yang rendah kalori sehingga dapat membantu dalam menurunkan jumlah kalori yang masuk.

Sayuran tidak memiliki kandungan kolesterol sehingga aman untuk penderita kolesterol. Kandungan serat pangan dalam sayuran dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memperbaiki kerja pencernaan, dan dapat membantu program weight reduction karena serat pangan memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan rendah kalorinya.

loading...

Kandungan vitamin dalam sayuran seperti vitamin A, E, dan C bermanfaat buat tubuh antara lain untuk kesehatan mata dan kulit, sebagai antioksidan alami, membantu dalam proses penyembuhan, dan juga penyerapan zat-zat mineral oleh tubuh menjadi optimal.

Asam folat atau vitamin B9 dalam sayuran membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Sedangkan kalium yang banyak juga terdapat dalam sayuran dapat membantu menjaga tekanan darah.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah