Cari

Makam Raja Sidabutar Samosir

Posted 22-05-2017 23:09  » Team Tobatabo
Foto Caption: Makam Raja Sidabutar

loading...

Disinilah kita bisa melihat dari dekat makam Raja Sidabutar, sang pengusasa di desa Tomok. Di Samosir dan warga Batak, kisah tentang Raja Sidabutar sangatlah terkenal.

Konon, Sidabutar adalah raja yang sakti, Kesaktian itu berasal dari rambutnya yang panjang dan gimbal.

Jika rambutnya dipangkas maka bersamaan dengan itu kesaktiannya bakal hilang, Raja Sidabutar juga dianggap merupakan orang pertama yang menginjakkan kaki di Tomok.

Semasa hidupnya, Raja Sidabutar telah mempersiapkan makamnya dengan memanggil tukang pahat yang ada di Pulau Samosir. Pembuatan makam dimulai dengan upacara khusus.

Jika makam-makam di tempat lain hanya berhiaskan nisan, berbeda dengan makam Raja Sidabutar ini. Pada makamnya terdapat ukiran yang memiliki arti khusus.

Ukiran kepala yang besar melambangkan Raja Sidabutar, sedangkan ukiran kepala yang ada di ujung satunya dengan ukuran yang lebih kecil menunjukkan permaisuri, Boru Damanik.

Sedangkan ukiran lelaki yang berada di bawah kepala raja adalah Panglima Guru Saung Lang Meraji. 

Selain Raja Sidabutar, makam ini juga menjadi tempat peristirahatan para keturunannya dan ajudan sang raja.

Kompleks makam tertata sangat rapi, Warna merah, hitam dan putih menjadi ornamen utama yang mewarnai hampir seluruh bagian kompleks.

Setiap orang atau wisatawan yang hendak masuk kompleks harus mengenakan ulos. Caranya dengan menyilangkan di salah satu pundak dan dijuntaikan ke bawah.

Makam yang terpelihara dengan baik ini dijaga oleh beberapa orang . Tidak ada salahnya untuk memberikan kontribusi secara sukarela kepada pengelola setempat agar komplek pemakaman ini tetap terpelihara dengan baik.

loading...

 

 

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah