Cari

Asli Budaya yang Lahir Di Pulau Samosir Tanah Batak

Posted 01-07-2017 00:21  » Team Tobatabo
Foto Caption: Tortor Merupakan Khas Batak

Berbagai macem ciri khas yang ada di Pulau Samosir dari tarian, pakaian, makanan, rumah adat batak dan lain lain di bawah akan saya bahas beberapa ciri khas Pulau Samosir

Tarian tor-tor termasuk cri khas pulau karena kata “Tor-tor” berasal dari bahasa batak yang artinya suara entakan kaki penarinya di atas papan rumah adat Batak.

loading...

Penari bergerak dengan iringan Gondang yang juga berirama mengentak. “Tujuan tarian ini dulu untuk upacara kematian, panen, penyembuhan, dan pesta muda-mudi.

Dan tarian ini memiliki proses ritual sebelum di lakukan nya. Pesan ritual itu ada tiga yang utama. Yakni takut dan taat pada Tuhan, sebelum tari dimulai harus ada musik persembahan pada Yang Maha Esa.

Kemudian dilanjutkan pesan ritual untuk leluhur dan orang-orang masih hidup yang dihormati. Terakhir, pesan untuk khalayak ramai yang hadir dalam upacara. Barulah dilanjutkan ke tema apa dalam upacara itu.

Durasi Tari Tor-tor bervariasi, mulai dari tiga hingga sepuluh menit. Di tanah Batak, hal ini tergantung dari permintaan satu rombongan yang mau menyampaikan suatu hal ke rombongan lain. Dimintalah satu buah lagu pada pemusik. Jika maksud sudah tersampaikan, barulah tarian dihentikan.

Tarian ini akhirnya bertransformasi di Ibu Kota karena mulai ditampilkan di upacara perkawinan. Jika sudah sampai di upacara ini, bentuknya bukan lagi ritual melainkan hiburan. Karena menjadi tontonan dan tidak semua yang hadir ikut terlibat dalam tarian tersebut.

Selain tor-tor Pulau Samosir memiliki boneka yang bisa menari yang dinamakan si gale gale sejarah si gale gale apabila seorang terkemuka meninggal sebelum mempunyai anak sebagai penyambung keturunan, dianggap merupakan kesialan.

Untuk mencegah supaya nestapa seperti itu tidak berulang kembali, maka diadakanlah tarian duka menggunakan boneka dari kayu.

Boneka tersebut bentuknya seperti manusia, kepalanya dilumuri dengan kuning telur. Giginya dicat hitam menggunakan jelaga baja, pada lekuk mata dilekatkan buah berwarna merah.

Boneka diberi pakaian ulos Batak, di atas kepalanya dilekatkan rambut kuda atau ijuk, atau diberi ikat kepala. Selanjutnya boneka diletakkan di atas papan beroda, lalu ditarik berkeliling kampung ya itu lah yang saya ketahui tentang boneka si gale gale yang berada di Pulau Samosir

Pulau Samosir juga mempunya makanan khas yaitu ikan pora-pora yang berkembang amat pesat di perairan Danau Toba dan yang non muslim juga bisa menemukan babi panggang karo yang ada di daerah tersebut karena warga di Pulau samosir bermayoritas Batak kristen protestan dan katolik.

Kota Tuktuk yang merupakan sentral kegiatan pariwisata di Pulau Samosir. Di kota ini sudah tersedia berbagai macam akomodasi seperti hotel dan motel bagi wisatawan yang datang berkunjung, cafe  maupun restoran Ambarita yang dikenal sebagai situs Istana Raja Batak dari marga Siallagan terdapat Rumah adat dan batu-batu tempat praktik pengadilan masa lalu

loading...

Pakaian adat Pulau samosir adalah ulos yang di buat secara manual oleh para pengrajin ulos yang ada disana untuk membuat ulos bisa membutuhkan waktu yang cukup lama, pakaian ulos biasa nya di pakek di acara acara tertentu seperti pernikahan, ada yang meninggal, acara adat dan di pakek juga untuk menari tor-tor dan boneka si gale gale.

Rumah adat batak ada berbagai macem tapi rumah adat di pulau samosir sedikit pendek dan genteng nya menuncip menujuk ke atas.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah