Cari

Disinggahi Kirab Obor Asian Games 2018, Tiga Daerah Siapkan Tarian dan Makanan Khas Daerah

Posted 31-07-2018 12:00  » Team Tobatabo
Foto Caption: Pantai Lumban Bul-Bul Balige

Usai memantau kesiapan lokasi Bandara Kualanamu sebagai venue pertama Kirab Obor Asian Games 2018 dari Aceh, Tim Dispora Sumut bersama Karo Ops Polda Sumut, Kombes Pol Makmur Ginting melanjutkan pemantauan persiapan tiga daerah yang akan dilalui.

Tiga daerah akan kebagian jatah disinggahi api obor Asian Games diantaranya, Serdangbedagai, Tebingtinggi, dan Pematangsiantar.  Amatan Tribun, wilayah Sergai akan disambut di kantor dinas Bupati.

loading...

persiapan asian games

Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian bersama Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey dan Karo Ops Polda Sumut Kombes Pol Makmur Ginting memantau persiapan Bandara Kualanamu jelang H-1 Kirab Obor Asian Games di Sumut. 

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Serdang Bedagai Kaharuddin mengatakan, pada persinggahan api obor di Sergai, Bupati Soekirman akan memberikan motivasi kepada atlet daerah sekaligus mempromosikan potensi wisata di daerahnya.

"Kita diberi waktu sekitar 15 menit oleh pihak Dispora Sumut selalu leading sektornya untuk menghadirkan massa dari OPD, Pramuka dan atlet kita. Manfaatnya paling tidak kita berikan motivasi untuk atlet kita agar bisa mengikuti event olahraga yang lebih tinggi," katanya kepada Tribun, Senin (30/7/2018) .

Selanjutnya di Tebingtinggi, Obor akan dijamu di Lapangan Merdeka Kota Tebingtinggi. 

Sekretaris Dispora Tebingtinggi Sugeng menerangkan sejumlah acara akan disajikan dalam menyambut api obor. Seperti tarian pencak silat, drum band dan tarian persembahan. "Kita buat nanti tarian pencak silat, drum band, kemudian di atas tribun ada penyambutan kadis pendidikan dan pidato pak walikota. Kita prediksi akan mencapai ribuan orang," terangnya.

Selain itu, sejumlah potensi kuliner khas Tebingtinggi juga akan dihidangkan kepada para tamu undangan. "Potensi di sini (Tebingtinggi) kebanyakan adalah kulinernya. Seperti lemang dan kue kacang. Itu asli daerah kita," cetusnya.

Di Kota Pematangsiantar, Wakil Walikota Togar Sitorus dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan Inasgoc untuk menyambut kedatangan api obor. Pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah acara semeriah mungkin meski dengan durasi waktu 15 menit.

"Kami di sini sudah siap untuk menerima dan menyambut api obor Asian Games. Mudah - mudahan antusias masyarakat Siantar antusias menunggu momen ini," kata wakil wali kota.

Dijadwalkan, api obor yang terletak di dalam kotak tinder Box akan tiba di bandara Internasional Kualanamu pada Selasa (31/7) sekitar pukul:17.00 wib. Kemudian api obor akan menyinggahi tiga daerah yakni Sergai, Tebingtinggi, dan Siantar.

Kemudian api obor akan diinapkan satu malam di Pesanggrahan rumah Bung Karno di Parapat, Simalungun. Kemudian pada Rabu (1/8/2018) pagi dimulai Torch Relay api obor yang dibawa oleh sejumlah pelari, dimulai dari depan rumah Pesanggrahan Bung Karno hingga pantai Bul - Bul Balige, Toba Samosir. Sebelum akhirnya diberangkatkan menuju Pekanbaru dari bandara Silangit, Tapanuli Utara.

Dikutip dari Tribun Medan
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah