Cari

Air Terjun Binangalom, Obat Awet Muda Secantik Deburan Airnya Yang Langsung Ke Danau Toba

Posted 22-11-2018 18:14  » Team Tobatabo
Foto Caption: Air Terjun Binangalom

Danau Toba menyajikan keindahan lain berupa air terjun yang jatuh langsung ke danaunya, yaitu Air Terjun Binangalom. Mitosnya, mandi di sini bakal awet muda.

Memiliki predikat sebagai danau terluas se-Asia Tenggara, membuat Toba menjadi salah satu tujuan utama bagi yang berkunjung ke Sumatera Utara.

Apalagi pemerintah telah menetapkan Danau Toba sebagai destinasi 'Bali Baru' agar kepopulerannya menyamai Pulau Bali, karena menjadi prioritas utama wisata Indonesia.

Untuk menuju danau Toba, akses dan caranya sangat mudah sekali. Saat itu saya terbang dari Jakarta dengan memesan tiket pesawat melalui aplikasi Tiket.com. Tujuannya bukanlah Medan, tapi langsung ke Bandara Silangit di Siborong-borong, Tapanuli Utara. Dari situ kita membutuhkan waktu hanya 30 menit ke Danau Toba, dengan menyeberang melalui Pelabuhan Balige. Sedangkan jika dari Kota Medan masih dibutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan darat.

Siang itu, kapal kecil sudah siap mengantarkan para penumpang mengeksplorasi danau. Tampak beberapa anak-anak sekitar yang menyambut dengan meminta penumpang untuk melemparkan uangnya ke danau agar dapat diambil oleh mereka. Cukup menghibur sekali atraksi mereka saat melompat ke danau dan berlomba untuk mendapatkan uang itu.

Waktu tempuh dari pelabuhan menuju Air Terjun Binangalom tidak lama, hanya sekitar 30 menit. Tapi sebelum berangkat, alangkah lebih baik membawa perbekalan berupa makanan tradisional khas batak seperti Ombus-ombus yang sangat nikmat bila dinikmati sambil melihat pemandangan di atas kapal.

Saat sampai di lokasi, cobalah sensasi berenang ke bawah air terjunnya agar merasakan pijatannya yang deras. Namun, sebelum berenang, pastikanlah keamanannya dengan menggunakan life jacket, karena meskipun terlihat tenang dan aman, ternyata Danau Toba memiliki kedalaman lebih dari 500 meter.

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 70 meter. Nama Binangalom sendiri berasal dari bahasa Batak yaitu Binanga yang artinya sungai atau aliran air, dan Loma yang artinya penyejuk hati, jadi bisa disimpulkan air terjun Binangalom ini adalah air terjun penyejuk hati, jadi cocok nih buat yang lagi gundah gulana dan galau merana. Selain itu, ada juga yang menyebutnya dengan nama air terjun Situmurun.

Menurut penuturan awak kapal, bagi yang mandi langsung di bawah air terjun akan awet muda dan enteng jodoh. Jadi boleh untuk dicoba, namun kita harus siap menggigil, karena Danau Toba memang berada di dataran tinggi, jadi wajar kalau airnya cukup dingin. Tapi yang pasti, kita harus tetap menjaga kebersihan lingkungan dan mengutamakan keselamatan bersama.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah