Cari

Membanggakan, Toba Samosir Raih Peringkat Terbaik UN 2019 di Sumut

Posted 17-05-2019 19:50  » Team Tobatabo

TOBASA - Pada ujian Nasioal (UN) tahun 2019, Kabupaten Toba Samosir meraih peringkat terbaik untuk hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maupun Ujian Nasional Berbasis Kertas-Pensil (UNKP) tingkat SMA di Sumatera utara dengan nilai rerata 53.94 dengan jumlah 2347 peserta.

Sementara peringkat dua diraih oleh Kota Pematangsiantar dengan nilai rerata 53.84 dengan jumlah 4929 peserta dan diikuti Kota Medan dengan nilai rerata 52.50 dengan 23571 peserta.

loading...

Kepala Dinas Pendidikan Sumut (Kadisdiksu) Arsyad Lubis, melalui Ketua Panitia UN August Sinaga mengatakan untuk persentase kelulusan dari satuan sekolah, itu yang tahu masing-masing sekolah. Dan kelulusan peserta didik ditentukan melalui rapat dewan guru dengan kriteria kelulusan berdasarkan peraturan badan standar nasional pendidikan nomor 0048/BSNP/XI/2018 tentang prosedur operasional standar penyelenggara ujian sekolah berstandar nasional tahun 2018/2019.

"Bahwa kriteria kelulusan dari satuan pendidikan minimal, yaitu menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik, mengikuti Ujian Nasional (kecuali SD/MI/SDLB/MILB), dan lulus USBN sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh satuan pendidikan," jelasnya kepada SIB, Senin (13/5).

Lanjutnya, penetapan kelulusan siswa dari satuan pendidikan ditetapkan melalui rapat dewan guru. Ujian Nasional mengukur standar kompetensi kelulusan untuk mata pelajaran yang diujikan secara nasional.

"Salah satu tujuan Ujian Nasional adalah pemetaan mutu pendidikan, sehingga Nilai UN tidak lagi menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan namun Ujian Nasional wajib diikuti oleh setiap peserta didik," katanya.

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah