Cari

Air terjun binangalom karya seni alam danau Toba

Posted 29-11-2013 00:30  » Team Tobatabo

Parapat - Parapat tak hanya menyimpan legenda batu gantung yang tersohor, tapi ada objek wisata air terjun yang juga aduhai tak kalah indahnya. Uniknya, air terjun ini turun langsung ke danau. Wah!

Namanya air terjun Binangalom. Letaknya persis berada di pinggir Danau Toba. Nama Binangalom berasal dari desa di dekat air terjun tersebut yang berada di Kecamatan Lumban Julu, kota Parapat, Sumatera Utara.

Kata 'lum' atau 'lom' dalam bahasa Batak artinya adalah air penyejuk. Ya, memang ketika wisatawan mengunjunginya dan mendekati lokasi wisata tersebut sejuknya udara dan keindahannya akan membuat berdecak kagum.

Dari mana asal airnya? Menurut pemandu tur, Salonieta Pangaribuan airnya berasal dari sungai di dekat desa. Ia turun dari tujuh tingkat tebing lalu jatuh ke danau. Sayangnya, lokasi menuju tempat ini terbatas.

"Karena harus sewa kapal. Satu kapal bisa disewa Rp 500-Rp 600 ribu," katanya kepada detikTravel.

Sedangkan yang bisa menyewanya adalah wisatawan mancanegara. "Mereka bisa menyewanya kalau rombongan. Padahal dari Parapat ke sini hanya 15 menit."

 

loading...

air terjun binangalom



Di sini, para wisatawan bisa juga melakukan aktivitas lainnya. Seperti berenang di sekitar air terjun, sampai melihat burung bangau beterbangan mencari ikan.

"Kita juga enggak boleh berenang sampai ke dekat air terjun. Arusnya deras sekali," kata Salonieta.

Karena waktu yang terbatas dan hari sudah senja, detikTravel hanya sempat mengabadikan momen di air terjun tersebut dari atas kapal. Sama seperti wisatawan lainnya yang sibuk berburu foto.

Menurut Salonieta, ke depannya pemerintah setempat ingin mempromosikan air terjun ini. Serta membuat akses menuju lokasi menjadi lebih mudah dan terjangkau bagi wisatawan mana saja. 

air terjun tumurun

Sumber Detik Travel

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah