Cari

Panortor Gondang Naposo SBSS Direncakana Isi HUT Siantar

Posted 27-02-2014 10:27  » Team Tobatabo

MANORTOR- Panortor Gondang Naposo SBSS direncanakan tampil pada kegiatan HUT Kota Siantar April mendatang. Kegiatan inipun diharap menjadi program tahunan di Kecamatan Siantar Selatan. (Foto: Pra Evasi)

SIANTAR – Peserta Gondang Naposo yang diselenggarakan Naposo Bulung Saroha Saoloan (SBSS) direncanakan tampil pada kegiatan HUT Kota Siantar April mendatang. Kegiatan inipun diharap menjadi program tahunan di Siantar Selatan.

loading...

Gondang Naposo SBSS yang digelar selama tiga hari itu (21-23 Februari) ditutup Wali Kota diwakili Camat Siantar Marimbun Fidelis E Sembiring dan Siantar Marihat Jhonson Sihombing dengan memukul gong.

“Karena acara gondang naposo sudah sangat jarang diadakan, penampilan Tortor Batak Toba oleh NBSS sangat memukau masyarakat. Ke depan diharapkan, supaya kegiatan ini dapat menjadi program tahunan minimal sekali dua tahun dan direnakana mengisi kegiatan HUT Kota Siantar,” Fidelsi E Sembiring dalam sambutannya.

Pembina NBSS Lambok Simorangkir didampingi Ketua Umum Pikkir Siahaan dan Bendahara Umum W Situmorang mengaku bangga atas kemauan naposo yang mau mempelajari Tortor Budaya Batak Toba. Mereka berharap, ke depan masih ada generasi muda yang tetap mengawal dan melestarikan nilai-nilai budaya Batak.

Selama acara, katanya ada lebih 40 rombongan yang datang dan ikut manortor serta memberikan partisipasinya atas kelangsungan acara gondang naposo tersebut. “Terkhusus kepada pemerintah, kami ucapkan terima kasih atas dukungannya, demikian juga kepada Harian METRO SIANTAR yang bersedia sebagai media partner untuk mempublikasikan acara, sehingga kegiatan ini terlaksana sukses,” terang Pikkir Siahaan diamini W Situmorang dan Lambok Simorangkir.

“Dengan banyaknya kehadiran rombongan masyarakat Siantar maupun dari luar Kota Siantar, adalah bentuk nyata bahwa Gondang Naposo NBSS adalah pesta budaya yang sangat dinanti-natikan. Selain sebagai hiburan juga sebagai upaya SBSS melestarian budaya daerah,” ujar mereka.

Ketua Panitia Jogi Hutahean bersama Ester Simanjutak selaku koordinator Humas mengaku, mereka maksimal latihan untuk menampilkan Tortor Batak, bukan saja pada acara itu tapi juga  dalam setiap pesta dan perayaan lainnya.

Pembukaan Gondang Naposo NBSS dilakukan Sekda Kota Siantar Donver Panggabean juga dengan memukul gong dan selanjutnya manortor bersama dengan jajarannya. 

SUMBER


 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah