Cari

Tobasa Peringati Hari Menanam Nasional

Posted 08-12-2014 15:40  » Team Tobatabo

(Analisa/davit h purba) Tanam: Wakil Bupati Tobasa Liberty Pasaribu menanam pohon jenis Trembesi ke 2.118.115 untuk Tahun 2014 pada gerakan Tobasa menanam, di desa Lintong Nihuta, Pangkodian, Jumat (5/12).

Balige, Pemerintah Kabupaten Toba Sa­mosir (Tobasa) peringati hari menanam Indonesia dan Bulan penanaman satu milyar pohon yang dirangkai dengan gerakan Tobasa Menanam pohon di desa Lintong Nihuta, Pangkodian, Kecamatan Tambahan, Jumat (5/12).

loading...

Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak melalui wakil Bupati Liberty Pasaribu melakukan penana­man pohon jenis Trembesi ke 2.118.­115 untuk Tahun 2014 bersama sekretaris daerah Audy Murphy Sitorus, kadis Kehutanan dan perke­bunan Alden Napitupulu.

Kabid RHL Ricard Siman­juntak selaku ketua pelaksana dalam laporan­nya menyam­paikan tujuan kegiatan gerakan Toba Menanam dalam rangka peringatan HMPI dan bulan menananm Nasional untuk tingkat kabupaten Tobasa untuk lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membu­dayakan seluruh masyarakat Tobasa untuk gemar menanam dan memilihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan melalui rehabitasi hutan dan lahan di Tobasa,

Tema dalam peringatan HMPI dan bulan menanam Nasional tahun 2014 “hutan Lestari untuk mendukung kedaulatan Pangan, air dan Energi Terbarukan,” sebut Ricard.

Dijelaskannya, penanam pohon dan pemeliharaan telah dilakukan dikabu­paten Tobasa pada sector kehutanan sebanyak kurang lebih 840.526 batang, penanaman untuk sector non kehutanan sebanyak 1.500 ba­tang, serta pena­naman sektor industry melalui PIR dan HTI PT. Toba Pulp Lestari sebanyak 1.276.089 batang dengan jenis Eucalyptus, jelasnya.

Untuk peringatan HMPI saat ini penanaman pohon dan penyerahan bibit secara simbolis sebanyak 800 batang terdiri dari Trembesi 100 batang, Mangga sebanyak 86 batang, Pinus 474 batang, Durian 50 batang dan Ingul sebanyak 90 batang, tandasnya.

Terpisah, Ir Alden Napitupul kepada war­tawan mengatakan Kegiatan gerakan Tobasa me­nanaman pohon ini melibatkan berbagai kalangan dianta­ranya Polres Tobasa, Tokoh Ma­syara­kat, Kasdim 0210/TU, Kejaksaan, DPRD, Sekda, para SKPD lingkungan Pemkab Tobasa, PT BNI, para pelajar

Kegiatan menanaman itu dimulai dilaksanakan januari 2014 dengan tiga pola kemit­raaan pertama kemitraan BU­MN dan BUMD diantaranya PT TPL. Bank BNI, Mandiri, Bank Sumut, kedua kemitraan dengan Masyarakat dengan gerakan Tobasa menanaman dan ke­mitraan yang dilakukan oleh pemerintah itu sendiri termasuk TNI dan Polri yang disebut dengan gerakan TNI Polri menanam.

“Target Nasional untuk kabupaten Tobasa sebanyak 340 ribu batang pohon dengan realisasi yang telah dilak­sanakan sebanyak 2,1 juta batang,” terangnya seraya menyam­paikan catatan hutan produksi tetap hutan produksi dengan maksud agar masyarakat tidak menanaman di wilayah hutan produksi.

Ditambahkannya, bagaimana biaya penanaman semakin me­nurun tapi jumlah pohon yang ditanam semakin meningkat artinya mengajak dan melibatkan masyarakat untuk mena­naman pohon supaya anggaran pena­naman penerintah itu berkurang.

“Dengan pola kemitraan tadi, kita harapkan agar biaya pena­naman semakin menurun tapi jumlah pohon yang ditanam semakin meningkat artinya mengajak dan melibatkan ma­syarakat untuk menanaman pohon supaya anggaran penanaman peme­rintah itu berkurang,” pung­kasnya. (vit)

Sumber Analisa

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah