Cari

Dibalik Keindahan Air Terjun Simangande, Pulau Samosir

Posted 11-12-2014 11:52  » Team Tobatabo

Air Terjun Simangande, Desa Garoga, Samosir. Air terjun ini memiliki panjang 500 meter dan berasal dari mata air di Barisan Bukit Dolok Simangande.   

Air Terjun di Pulau Samosir tepatnya di Desa Garoga ini, banyak yang bilang bentuknya seperti hati alias cinta. Masyarakat sekitar menyebutnya air terjun Simangande.

loading...

Air Terjun ini akan sangat deras jika memasuki musim hujan, tetapi akan berkurang pada musim kemarau.

Konon katanya sepanjang apapun musim kemarau, air terjun Simangande ini tidak pernah kering. Tapi sekarang hanya musim hujan saja air terjunnya jalan dan kalau musim kemarau airnya kering.

Konon katanya juga air terjun ini sekarang sering kering, tidak seperti dulu yang tidak pernah kering dalam setiap musim apapun, hal ini bisa dikarenakan karena tanggulnya yang sudah jebol, dan bisa jadi banyak penebang hutan liar yang tidak bertanggungjawab menebang pohon-pohon dan tidak menanamnya kembali.

Artinya kalau hujan turun air terjunnya besar dan kalau hujan berhenti air terjunnya cepat mengering, apalagi kalau musim kemarau air terjun ini bisa mengering.

Sebenarnya air terjun ini memiliki keindahan yang mempesona, apalagi jika ada perhatian dari pemerintah setempat untuk membangun air terjun ini kembali dan bisa dijadikan obyek wisata alternatif.

Lokasi dari air terjun ini berada di dekat pertigaan antara desa Ambarita dengan desa Tuk tuk. Bagi yang ingin melihat keindahan air terjun ini disarankan untuk datang saat musim hujan, karena saat musim hujan air ini akan terlihat indah.

 

Sumber

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah