Cari

Wisata Aek Sijornih Tempat Untuk Jalan - Jalan Saat Liburan Natal

Posted 14-12-2014 14:16  » Team Tobatabo

Hello World!!!. Salam hangat buat para Traveller dan Backpacker yang telah mengunjungi blog saya. Kali ini saya akan mencoba mengupas satu lagi tempat di Indonesia yang Layak untuk di Jelajahi ‘Aek sijornih. Aek sijornih, nama sebuah air terjun yang berarti air jernih. Aek (bahasa batak) = air (bahasa indonesia), sijornih (bahasa batak) = jernih (bahasa indonesia). Lokasi aek sijornih ini terletak di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Propinsi Sumatera Utara. Berjarak sekitar + 35 km arah timur dari Padang Sidempuan. Dapat dicapai dengan kendaraan umum antara lain becak, motor, angkot, bis mini dan bis lintasan timur sumatera selama kurang lebih satu jam dari Kota Padangsidempuan. Tiket masuk adalah Rp 5000/orang.

Untuk menuju ke aek sijornih ini maka harus melewati sebuah jembatan kayu yang lintasannya hanya berkisar setengah meter, melintang membelah Batang Angkola (Sungai Angkola) dan mengantarkan ke pelataran luas yang dipayungi puluhan pohon kelapa. Dan untuk melihat air terjun ini maka naik bukit dan tanahnya sangat licin jadi harus hati-hati.

loading...

Keunikan aek sijornih terdiri dari dua buah air terjun mini yang kedua air terjun ini berada pada tempat miring pada tanah dengan kandungan kapur. Air yang ditumpahkan pun melebar ke sisi kiri dan kanan, bertingkat-tingkat. Airnya tetap jernih meskipun di musim hujan atau kemarau. Sumber kedua air terjun ini berasal dari mata air perbukitan yang mengitari Kecamatan Batang Angkola dan Sayur Matinggi.

Hal yang bisa dilakukan di aek sijornih ialah mandi karena ada air dari aek sijornih ditampung dalam kolam-kolam buatan untuk pemandian. Setelah capek, bisa juga menikmati makanan yang ada di warung karena di aek si jornih ada beberapa warung yang menyediakan makanan. Harga terjangkau mulai dari Rp 5000 sampai Rp 25 000 tergantung makanan yang dipesan, cukup untuk kantong pelajar.

Fasilitas yang tersedia antara lain musholla, toilet, kamar ganti dan beberapa saung atau gubuk-gubuk untuk peristirahatan pengunjung dapat dijumpai di dalam areal tersebut. Pada bagian bawah gubuk-gubuk, terdapat kolam-kolam kecil berisi beberapa ekor ikan yang sengaja diletakkan di sana. Menurut pemiliknya, selain bisa beristirahat di gubuk, pengunjung dapat memesan ikan goreng sekaligus. Juga beberapa tempat jajanan tersedia di sekitar kolam tersebut.

 

Sumber 

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah