Cari

Ribuan Warga Medan Antusius Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Posted 10-02-2015 01:03  » Team Tobatabo

Ribuan warga Kota Medan antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah yang digelar oleh Pemerintah Kota Medan, Minggu.

Pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah tersebut merupakan rangkaian kegiatan “Car Free Day” yang dipusatkan di Jalan Sudirman Medan, persisnya depan rumah dinas Wali Kota Medan.

Selain diisi dengan kegiatan olahraga, seperti senam dan bersepeda, car free day (CFD) juga diisi dengan pelepasan ratusan ekor burung.

Diharapkan ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini nantinya akan menjadi kota yang ramai dipenuhi burung dan bebas dari polusi kendaraan bermotor, kata Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi. CFD kali ini untuk pertama kalinya digelar di Medan pada tahun 2015, sehingga menarik ribuan masyarakat untuk ikut bergabung.

Menurut Wali Kota, kegiatan ini digelar dalam rangka menyosilisasikan pentingnya masyarakat menurunkan ketergantungan terhadap penggunaan kendaraan bermotor.

Sejak pukul 05.30 WIB, warga satu persatu berdatangan ke lokasi car free day untuk mengikuti serangkaian kegiatan yang digelar di arena tersebut.

Hadir pada acara tersebut  Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo, Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi, Kapolresta Medan Kombes Pol Nico Afinta.

Acara diawali dengan pelepasan ratusan ekor burung merpati yang dilakukan Kapolda Sumut bersama Pangdam I/BB, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi, Kapolresta Medan didampingi sejumlah pimpinan SKPD.

“Semoga Kota Medan ke depan akan menjadi kota yang dipenuhi burung-burung. Kemudian menjadi kota yang bersih dan sehat sehingga semakin dicintai seluruh masyarakatnya,” kata Kapolda Sumut sebelum melepaskan burung.

Usai pelepasan burung, acara dilanjutkan dengan pelepasan peserta “Fun Bike”oleh Kapolda bersama Wali Kota. Pangdam I/BB ikut serta dalam fun bike bersama masyarakat, pimpinan SKPD, camat, lurah beserta masyarakat.

Sedangkan bagi warga yang tidak ikut fun bike, mereka mengikuti senam bersama dipandu sejumlah instruktur.

Untuk memeriahkan kegiatan ini, Dinas Pemuda dan Olahraga selaku penyelenggara kegiatan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan juga menggelar lomba mewarnai untuk anak-anak PAUD dan TK persis di sebelah rumah dinas wali kota. Lomba ini diikuti ratusan anak-anak, mereka tampak serius mewarnai kertas gambar yang telah disediakan disaksikan orang tuannya masing-masing.

Selain itu, para pelaku UMKM, terutama pedagang kuliner, antusias membuka stand dan menawarkan dagangan mereka kepada warga yang hadir pada kegiatan tersebut.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin S MSi mengatakan selain mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor, CFD dilaksanakan untuk memupuk silaturahmi dan kebersamaan antara pemerintah dengan masyarakat.

Dengan kebersamaan ini diharapkan akan terbentuk sinergitas yang kuat untuk menjadi modal dalam melaksanakan pembangunan, ujarnya.

“Selain menjalin kebersamaan, melalui CFD kami ingin mengajak masyarakat untuk membudayakan olahraga dalam kehidupan sehari-hari. Dengan rajin berolahraga, masyarakat akan sehat sehingga seluruh aktivitas maupun pekerjaan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar,” katanya.

 

Sumber

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah