Cari

Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA dan Praeses EKiR Jerman Beribadah Bersama Ratusan Jemaat HKBP Martoba P.Siantar

Posted 10-02-2015 00:55  » Team Tobatabo

Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA bersama Praeses Evangelische Kirche im Rheinland (EKiR) Jerman Manfred Rekowski, OKR Rev Barbara Rudolf, Reinhard Eckert  dan ratusan  jemaat HKBP Martoba, mengikuti  ibadah bersama  Minggu (8/2) di HKBP Martoba, Resort Martoba Pematangsiantar, Distrik V Sumatera Timur, Jalan Rakutta Sembiring. Sebelum mengikuti kebaktian, Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA dan Praeses Manfred Rekowski  menandatangani  prasasti kunjungan persahabatan.

Kunjungan dan ibadah bersama tersebut menurut Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata, untuk meningkatkan dan mempererat persaudaraan mengingat HKBP dan EKiR Jerman sudah memiliki hubungan yang baik. Ini merupakan kunjungan yang kesekian kalinya dan pertama bagi Praeses (Ephorus) Manfred Rekowski, sejak diangkat dan terpilih menjadi Praeses sekaligus juga untuk  meningkatkan hubungan dan kerjasama di antara kedua gereja, kebersamaan, saling topang menopang, saling mendoakan dan saling mempererat kerjasama dalam kehidupan. 

Kerjasama HKBP dengan EKiR terjalin sejak abad ke-19 sampai tahun 1940 hingga sekarang melalui satu badan misi yang bernama Rheinische Mission Geschellschaft (RMG) di tanah Batak, yang merupakan badan misi pekabaran injil di tanah Batak yang mengutus IL Nommensen dan lainnya.

HKBP sudah mengutus pengurus gereja, pendeta dan bibelrow ke Jerman untuk melayani di jemaat EKiR. HKBP dan EKiR juga telah meneken prasasti perjanjian kerjasama tahun 2003 lalu, antara Praeses Nikolaus Schneider dari EKiR dengan Ephorus JR Hutauruk dari HKBP,  yang terletak di Salib Kasih Siatas Barita, Tarutung. 

Seusai mengikuti ibadah Minggu (8/2), Ephorus HKBP WTP Simarmata MA didampingi isteri memberikan cenderamata berupa ulos dan tunggal panaluan kepada Manfred Rekowski  dan OKR Rev Barbara Rudolf. Dalam kata sambutannya Manfred Rekowski dan OKR Rev Barbara Rudolf sangat  terkejut dan berterima kasih atas sambutan yang diberikan kepada mereka, juga dengan pemberian cenderamata. Mengingat ini merupakan kunjungan yang pertama setelah menjadi Praeses EKiR Jerman. Turut hadir Pdt Dr Robinson Butar-butar dan Pdt Marudut  Naibaho.

Setelah itu, diadakan jamuan makan siang bersama jemaat dan juga diadakan acara temu ramah dan berfoto bersama. Minggu sore rombongan menyempatkan diri singgah di HKBP Parapat sebelum bertolak ke Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung.

 

Sumber

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah