Cari

Pemukulan Taganing dan Pelepasan Balon Tandai Launching Tahun Perempuan HKBP Sudirman Medan

Posted 17-03-2015 15:33  » Team Tobatabo

Pemukulan taganing dan pelepasan balon oleh Pdt DR Plasthon Simanjuntak, Ketua Umum Panitia Ny St Ir EL Tobing/Lince Napitupulu, Ketua Umum Panitia Tahun Perempuan HKBP se Distrik X Medan-Aceh Ny Elbiner Silitonga br Hutagalung dan St Dra DM br Sianipar menandai launching dimulainya pelaksanaan tahun perempuan HKBP di HKBP Resort Medan-Sudirman, Minggu (15/3). Setelah launching tersebut maka dimulailah rangkaian kegiatan Tahun Perempuan HKBP di lingkungan HKBP Medan Sudirman.

Lince Napitupulu mengatakan, Tahun Perempuan HKBP harus bisa jadi pelopor pembaharuan perempuan yang dimulai dari rumah tangga.Saat ini banyak perempuan karier, ada yang jadi menteri, meski bukan orang Batak tapi harkat perempuan yang cerdas jelas terlihat. HKBP Sudirman sudah melaksanakan parheheon Ama yang bertajuk Ama Marsahala, maka perempuan HKBP Sudirman harus bisa jadi Ina Soripada yang cerdas di tengah rumah tangga.

Untuk itu, Ama Namarsahala harus didukung Ina Soripada  dalam memimpin rumah tangga. Di sinilah perempuan menunjukkan kemampuannya, seperti lirik lagu Nahum Situmorang: “Anakhon hi do hamoraon di ahu”. Bukan kaya harta, tapi anak-anak bersekolah dan tidak sulit mencari kerjaan, itulah kekayaan ama dan ina.

Perempuan, kata Lince,  juga harus waspada terhadap kejadian-kejadian yang dialami dalam kehidupan sekarang, bahaya narkoba dan pergaulan bebas. Untuk itu  ibu harus bisa jadi tiang doa. Dalam kegiatan Tahun Perempuan HKBP akan diadakan seminar-seminar yang meningkatkan pengetahuan kaum perempuan, terutama bagaimana berbusana yang layak dan sopan ke gereja.

“Sangat perlu perempuan HKBP meningkatkan pengetahuannya. Rajinlah membaca, jangan kita tertinggal dari suku lain,” ucap Lince.

Dia juga menyarankan kepada kaum janda agar tidak mau ketinggalan dengan keluarga yang lengkap. Uruslah anak-anak dengan sekuat tenaga, pembinaan rumah tangga harus berbuah, pelihara komunikasi dengan Tuhan, karena itulah yang memberi kekuatan kepada manusia. 

Pdt DR Plasthon Simanjuntak mengatakan, kemampuan perempuan HKBP sekarang ini cukup luar biasa. Ilmu dan pengetahuannya tidak diragukan. Perempuan bisa jadi pelopor, sama seperti kaum pria, ini merupakan kesetaraan gender sehingga menjadi kekuatan  yang lengkap bagi gereja.Perempuan juga harus jadi benteng kekuatan keluarga agar anak-anak terhindar dari narkoba.

“Jangan terperangkap dalam hal-hal negatif. Jangan warisi pemuda menjadi generasi yang tidak bertumbuh atau generasi yang bersungut-sungut. Karena perempuan HKBP sudah teruji, mereka bangkit dari masa sebelum Kekristenan, setelah kedatangan missionaris perempuan Batak menjadi ina yang beriman dan pelopor dalam rumah tangga,” jelasnya.

Turut hadir  Sekum Panitia St Ny Bunga Tambunan br Hutagalung, Bendahara Umum Ny LM Siahaan br Tobing, Kordinator Seksi Dana Ny James Maja Hutapea/Intan br Panggabean, dan lain-lain. 

 

Sumber

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah