Cari

Togu Simorangkir Sudah Kelilingi Danau Toba 142 Km, Ini Jumlah Donasi yang Sudah Terkumpul

Posted 23-11-2018 13:54  » Team Tobatabo
Foto Caption: Togu Simorangkir saat ditemui di Jalan Adam Malik Kota Siantar, Selasa (13/11/2018).

SAMOSIR - Penggiat Literasi Sumatera Utara Togu Simorangkir sudah mengelilingi Danau Toba selama empat hari dengan jarak 142,2 Km, Kamis (22/11/2018).

Cicit Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII ini akan terus berjalan hingga 305, 65 Km.

loading...

Tujuannya untuk menggalang dana demi memastikan anak-anak di Danau Toba memiliki akses terhadap buku bacaan.

Dari unggahannya di akun facebook pribadi, Togu menjelaskan donasi yang masuk belum mencapai 50 persen dari target yang dicapai.

Ia pun berharap donasi yang masuk bisa terus bertambah.

Berikut unggahan lengkap Togu Simorangkir;

4 hari berjalan kaki sudah melintasi 4 kabupaten. Sudah 142,2 Kilometer yang aku jalani dengan kakiku. Lelah pasti. Tapi motivasi ingin memastikan anak-anak di Danau Toba memiliki akses terhadap buku bacaan melalui 8 Sopo Belajar, 2 Kapal Belajar dan 3 Kreta Baca menjadi energi yang luar biasa untukku menjalani setiap kilometernya.

Puji Tuhan sudah masuk donasi sejumlah : Rp. 43,824,500 dari target 305 juta yang ingin digalang dari aksi Jalan Kaki Keliling Danau Toba 305,65 Kilometer ini.

Bagi teman-teman yang ingin memastikan anak-anak tetap bisa memiliki akses terhadap buku bacaan berkualitas bisa mengirimkan dukungan ke:

Yayasan Alusi Tao Toba 
Bank Mandiri KC Pematang Siantar
107-00-0592909-8

Alusi Tao Toba
BNI Pematang Siantar
0619088463

Bukti transfer dikirim ke WA 08116218212

Jangan biarkan kakiku bengkak percuma. Jangan biarkan cucuran keringatku menetes begitu saja. Berapapun donasimu itu sudah memelihara mimpi anak-anak Danau Toba.

loading...

Rasakan sakit di kaki

Mulai hari kedua, Selasa (20/11/2018), Penggiat Literasi Sumatera Utara Togu Simorangkir mulai merasakan rasa sakit di bagian kakinya.

Togu tetap semangat berjalan walau cuaca terik dan kaki mulai lecet.

Ia menceritakan banyak sekali orang yang melintas memperhatikan dirinya.

Mungkin karena penampilan uniknya yang menggunakan tali-tali (ulos diikat di kepala).

Togu memang terus meng-update informasi melalui akun facebooknya.

Ia berkali-kali berbincang dengan relawan Yayasan Alusi Tao Tobayang mendampinginya selama perjalanan mengelilingi Danau Toba.

Togu Simorangkir adalah seorang laki-laki ‘baling’ (bahasa Medan untuk menyebut edan), alumni S2 Oxford Brookes University yang memilih menjadi petani organik dan mengabdi di kampung halamannya, Kabupaten Simalungun.

Rute Lingkar Luar Danau Toba yang akan dilalui adalah Parapat – Silimbat – Porsea – Balige – Siborong-borong – Dolok Sanggul – Simpang Tele – Panji – Sumbul – Merek – Saribu Dolok – Tiga Runggu – Tanjung Dolok – Parapat dengan perhitungan jarak:

1. Merek - Bts. Karo/ Dairi (14,06 km) - Panji (29,81 km) - Bts.Dairi/Samosir (29,38 km)

2. Bts.Dairi /Samosir - Dolok Sanggul (49,41 km) - Siborong Borong (28,48 km)

3. Merek - Saribu Dolok (11,25 km) - Tanjung Dolok (57, 24 km) – Parapat (4,97 km)

4. Parapat - Silimbat (45, 21 km) - Siborong Borong (35,84 km)

Aksi jalan kaki akan dilakukan selama 8 hari pada 19 November – 26 November 2018.

Setiap hari, selama perjalanan, akan ada aksi membagikan buku di beberapa desa yang dilalui.

Jadi selain menggalang dana, aksi ini membawa buku-buku bacaan kepada anak-anak Indonesia yang belum tersentuh Gerakan Tao Toba Membaca serta mengkampanyekan ke wilayah yang dilalui agar mendirikan Sopo Belajar/ Rumah Baca/ Taman Baca/ Perpustakaan Desa/ Perpustakaan Bergerak.

Aksi ini juga untuk menggugah banyak orang ikut terlibat memberikan pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak Indonesia di Danau Toba.

Penggalangan dana dilakukan dengan mengajak setiap orang bedonasi Rp 1 juta setiap 1 Kilometer.

Dibutuhkan 305 slot/orang yang mau bergotong royong berdonasi masing-masing Rp 1 juta untuk memastikan 8 Sopo Belajar, 2 Kapal Belajar, 3 Kreta Baca yang dikelola Alusi Tao Toba.

Foto Togu Simorangkir dan tim saat melintas di Jalanan Pebukitan Danau Toba berjalan kaki 305 Kilometer mengengelilingi Danau Toba, Senin (19/11/2018).   (Tribun Medan/Arjuna Bakkara)

Gerakan ini tentunya bukan merupakan gerakan perorangan. Perlu banyak pihak untuk mendukung terwujudnya tujuan dari aksi ini.

Pada kesempatan yang sama, Public Relations Manager Gramedia Rezza Patria mengatakan, pihaknya mendukung Yayasan Alusi Tao Toba karena konsisten dalam gerakan literasi. 

Menurutnya,  PT Gramedia Asri Media  dan tim literasi nusantara.com akan mengambil bagian dalam aksi ini.

PT Gramedia Asri Media akan memberikan dukungan berupa buku-buku yang akan dibagikan sepanjang rute serta vocer belanja buku untuk Alusi Tao Toba.

Tim literasi nusantara.com secara eksklusif akan mengikuti rangkaian jalan kaki ini dan menginformasikan kepada masyarakat luas tentang perjuangan demi literasi ini.

Dukungan tidak hanya datang dari korporasi maupun donator saja, akan tetapi beberapa tokoh maupun artis tersohor seperti Nirina Zubir, Darius Sinathrya, Tantowi Yahya, Rosianna Silalahi, Okky Lukman dan Meutya Hafid Ansyah, turut menyemangati Togu Simorangkir untuk menyelesaikan aksinya ini.

Litersinusantara.com akan turut serta mendukung dan mengapresiasi segala bentuk kegiatan inspiratif dari seluruh komunitas taman baca guna meningkatkan literasi di Indonesia. 

Dikutip dari Tribun Medan
 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah