Cari

Pantai Garoga Tigaras Obyek Wisata Baru

Posted 19-12-2014 13:51  » Team Tobatabo

Danau Toba terkenal dengan luas danaunya. Danau Toba merupakan danau terluas di Indonesia dan nomor dua terluas di dunia. Danau Toba banyak menyimpan obyek wisata karena panoramanya yang indah. Salah satunya adalah pemandian Danau Toba di Garoga, Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara.

Danau Toba di Garoga, Tigaras kini menjadi obyek wisata alternatif di Kabupaten Simalungun. Obyek wisata Garoga Tigaras kini lebih ramai dikunjungi wisatawan lokal di saat hari libur tiba, maupun hari-hari biasa.

Panorama Garoga Tigaras yang juga didukung semenanjung (Tanjung Unta) salah satu daya tarik baru obyek wisata andalan masa depan di pinggiran Danau Toba, Kabupaten Simalungun. 

Akses jalan menuju Pantai Garoga Tigaras dari Medan Sumatera Utara, Siantar, Parapat cukup memadai. Transportasi darat menuju Garoga Tigaras juga mudah. Infrastruktur jalan ke dan dari Garoga Tigaras menuju Parapat, Siantar dan Medan sudah baik. 

Bahkan jarak tempuh dari Bandara Kuala Namu, Deli Serdang nantinya bisa ditempuh dengan waktu tiga 2 jam. Akses jalan dari Bandara Kuala Namu ke Garoga Tigaras bakal melewati jalan tol sesuai dengan rencana Pemerintah Sumatera Utara guna memudahkan akses wisatawan ke Danau Toba.

Pantai Garoga Tigaras merupakan obyek andalan Kabupaten Simalungun masa depan selain Parapat dan Haranggaol. Panorama Garoga Tigaras tidak kalah menariknya dengan Pantai Parapat. Garoga Tigaras masih natural dengan bebatuan khas Danau Toba.

Delfi S br Saragih, seorang pedagang makanan dan minuman musiman di Garoga Tigaras saat ditemui Harian Jambibaru-baru ini mengatakan, kini pemandian Danau Toba Garoga Tigaras banyak dikunjungi wisatawan lokal.

“Setiap hari libur banyak wisatawan lokal yang mengisi liburan ke sini. Minat wisatawan lokal lebih tertarik ke Garoga Tigaras daripada Haranggaol dan Parapat. Garoga merupakan obyek wisata alternatif di Danau Toba Simalungun,”katanya.

Hal sedana juga dikatakan Wilson Purba, wisatawan lokal asal P Siantar. Menurutnya, pemandian Garoga Tigaras jadi alternatif di Simalungun. Jalan ke Garoga lebih baik dibandingkan ke Haranggaol atau Parapat.

Pengamatan Harian Jambi menunjukkan, ribuan wisatawan lokal memadati pemandian Danau Toba garoga Tigaras. Wisatawan banyak berasal dari daerah Siantar, Simalungun, Medan dan Kabanjaha, Kabupaten Karo.

Kunjungan wisatan lokal ke Garoga Tigaras berdampak positif bagi warga sekitar. Retribusi parkir, pedagang makanan, minuman mengalami omzet setiap hari libur tiba. 

Namun obyek wisata tersebut masih kurang ditata dengan baik, seperti minimnya arena bermain, tempat beristirahat serta jalan menuju pantai Danau Toba Garoga Tigaras harus dimaksimalkan guna menarik minat wisatawan.

 

Sumber

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah