Cari

Menyikapi Sikap Perbedaan Pendapat Gerakan Karo Bukan Batak

Posted 09-05-2017 02:22  » Team Tobatabo
Foto Caption: Batak Karo (Nowjakarta.co.id)

Suku batak adalah salah satu suku bangsa yang terdapat di Indonesia yang berdomisili banyak di daerah Sumatera Utara.

Orang Batak tersebar di seluruh daerah Sumatera Utara dimana di daerah-daerah tersebut terdapat marga-marga batak yang mendominasi sehingga daerah tersebut menjadi daerah asal satu marga tersebut.

loading...

Maka jika sesama orang Batak bertemu dan berkenalan dengan menyebutkan marga, biasanya mereka akan mudah menebak dari mana asalnya, atau jika mereka sudah lama tinggal di kota, maka nenek moyang mereka mungkin berasal dari sana.

Sebenarnya Suku Batak ini terdiri dari lima sub suku yaitu Pakpak, Mandailing, Karo, Toba dan Simalungun.

Akan tetapi akhir-akhir ini Batak itu sendiri seperti terbagi-bagi, Karo tidak mau menyebut dirinya sebagai Batak, namun sebagai orang Karo demikian juga dengan Simalungun mereka lebih suka disebut dengan orang Simalungun.

Mengapa hal ini terjadi adalah karena kelima sub Suku Batak ini juga memiliki bahasanya masing-masing. Maka tak heran jika Suku Batak lebih condong kepada Batak Toba.

Misalnya untuk mengatakan salam sebagai ungkapa yang paling sering kita kenal dari orang Batak yaitu kata “HORAS”, kata ini adalah bahasa Batak Toba, berikut ungkapa salam dari masing-masing sub Suku Batak ·Pakpak “Njuah-juah Mo Banta Karina!” ·

Karo “Mejuah-juah Kita Krina!” ·Toba “Horas Jala Gabe Ma Di Hita Saluhutna!” ·Simalungun “Horas banta Haganupan, Salam Habonaran Do Bona!” ·Mandailing dan Angkola “Horas Tondi Madingin Pir Ma Tondi Matogu, Sayur Matua Bulung!”

 
 
 
 
 

Silahkan beri pendapat anda pada kolom komentar di bawah